Rabu, 25 Februari 2009

Cara Diet Yang Baik

Obat2-an/supplemen diet dan kemajuan alat2 kedokteran di bidang kecantikan pada dasarnya hanya sebagai alat bantu. Modal utama untuk menurunkan berat badan pada orang yang gemuk hanyalah dengan niat, kemauan dan usaha keras untuk menjadikan olahraga secara rutin dengan diet yang benar dan tepat guna sebagai gaya hidup sehat.

1) Diet adalah pengaturan pola makan sehat dengan asupan jumlah kalori dan nutrisi yang benar dan tepat, dan bukan pengurangan jumlah makanan yang akan membuat tubuh kita menjadi lemas dan kehilangan mood. Diet yang benar untuk menurunkan berat badan adalah dengan makan makanan sehat 5-6 kali sehari dengan porsi kecil-sedang (stop makan sebelum rasa kenyang tercapai). Pilih dan konsumsi menu yang sehat, berserat tinggi, mengenyangkan, mempercepat metabolisme tubuh dan sekaligus yang mengurangi lemak tubuh. Perbandingan komposisi makanan yang ideal dan sehat antara protein, karbohidrat dan lemak untuk yang ingin menurunkan berat badan adalah 50% : 40% : 10%. Karbohidrat yang dikonsumsi adalah yg memiliki nilai glikemik 'rendah - sedang' contohnya nasi merah, roti gandum, pasta, oatmeal, ubi; sayur2-an terutama brokoli, wortel, buncis dan sayur2-an hijau seperti sawi, bayam, kangkung; buah2-an dengan rasa manis sedang seperti apel, belimbing dan pepaya. Jadi sebisa mungkin jangan makan nasi putih (kecuali kalau berat badan anda sudah ideal, anda bisa makan nasi putih dan makan enak sehari dalam seminggu). Stop (atau minimal kurangi sebanyak mungkin) gula, gorengan, makanan berlemak jahat (saturated fat) dan makanan2 yang terlalu manis, asin dan gurih. Gunakan gula diet secukupnya apabila memang masih membutuhkan gula.

Minum air putih 3-3,5 liter per hari, dan jika memungkinkan konsumsi pula air distilasi yang berguna untuk mengeluarkan sampah2 mineral yang tidak berguna dalam tubuh. Jika sedang berolahraga bisa mengkonsumsi air oksigen untuk membantu proses metabolisme dan mempercepat perbaikan sel tubuh yang rusak. Minum teh hijau 3-4 gelas sehari, terutama sehabis makan.

2) Untuk hasil terbaik, berlatihlah olahraga beban 3-4 kali seminggu dan latihan kardio 2-3 kali seminggu namun tidak overtraining. Sesuaikan durasi dan beban dengan bobot tubuh dan kemampuan anda. Untuk pemula sebaiknya memulainya dengan berolahraga 2 kali seminggu dengan durasi 30 menit dan pelan2 menaikkan intensitas latihan dan durasi jika sudah biasa. Jangan melakukan olahraga kardio saja tanpa diimbangi latihan beban dan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, apalagi berlatih secara ekstrem, karena anda akan membakar lemak sekaligus otot anda. Andapun akan kehilangan tumpukan air di bawah kulit yang cukup besar sehingga bukannya malah sehat dan bugar tapi tubuh anda akan mengalami dehidrasi dan kelelahan (stress) sehingga akan memacu tubuh untuk memproduksi hormon kortisol yang justru memecah protein otot anda untuk dijadikan bahan bakar/energi. Tubuh andapun akan jadi rentan terhadap radikal bebas. Gunakan solusi yang sehat dan cerdas, bukan solusi yang tidak tepat guna dan malah merusak tubuh. Oleh sebab itu penurunan berat badan yang sehat sebaiknya maksimal 1 kg per minggu. Selalu konsultasikan dulu dengan dokter dan pelatih yang sudah berpengalaman sebelum menjalani diet dan olahraga beban atau olahraga apapun juga.

3) Jika dana memungkinkan, boleh saja mencoba supplemen fat burner yang tepat untuk anda, baik yang bersifat Lipotropik maupun Thermogenik, khususnya jika umur sudah di atas 35 tahun karena metabolisme tubuh mulai menurun. Jika anda masih berumur belasan atau setidaknya masih kepala dua, maka saya kira tidak perlu mengkonsumsi obat2-an/supplemen fat burner. Coba dengan cara yang lebih natural selama metabolisme tubuh anda masih berada pada rentang umur yang bagus. Anda juga bisa mencoba kemajuan peralatan kedokteran yang juga berfungsi sebagai fat burner yaitu teknik mesotherapy atau diathermy yang semuanya aman karena bukan operasi, di mana pada prinsipnya teknik ini hanya membantu mematikan sel2 lemak pada bagian2 tubuh yang dikehendaki dan meningkatkan sirkulasi darah. Namun jenis/metode fat burner apapun yang dipakai haruslah diimbangi dengan diet yang benar, tepat dan sehat plus olahraga beban dan kardio secara rutin. Tanpa diet dan olahraga yang rutin maka jenis/metode fat burner apapun juga tidak akan membawa hasil yang baik karena fat/lemak akan kembali menumpuk dengan mudah di tubuh anda.

4) Tidur harus cukup, yaitu sekitar 7 jam sehari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar